Posted by : satria Sabtu, 08 Oktober 2016

TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).
Dalam konteks bisnis, Information Technology Association of America menjelaskan
Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). ". Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika, ''Cloud Computing'', sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.

-          Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi

INOVASI SI
          Seiring berkembangnya teknologi dari tahun ke tahun, sudah banyak inovasi yang diciptakan manusia dalam bidang teknologi informasi, tidak lain inovasi ini diciptakan untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan pekerjaannya, bagaimana seseorang bisa membuat suatu software/hardware dimana nanti user (pengguna) bisa menggunakan itu dengan mudah, dan tidak hanya berguna untuk satu hal melainkan multifungsi. Karena pada dasarnya manusia membutuhkan yang srba instan, dalam arti menginginkan semua hal bisa dikerjakan oleh satu barang. Oleh karenanya inovasi ini terus dikembangkan dari tahun ke tahun.

CONTOH
-        E-education
Globalisasi telah memicu-ya pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka (Mukhopadhyay M., 1995). Untuk contoh kita melihat di Perancis proyek “Flexible Learning”. Hal ini mengingatkan pada ramalan Ivan Illich awal tahun 70-an mengemukakan tentang “Pendidikan tanpa sekolah (Deschooling Socieiy)” yang secara ekstrimnya guru tidak lagi diperlukan.
-        E-government
mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti memanfaatkan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan Perantara untuk keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasis dan jaringan internet, lebih umumdikenal sebagai world wide web. Pada intinya e-government adalah pemanfaatan teknologi informasi yang dapat mempererat hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. pemanfaatan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2B (Government to Business), G2C (Governmet to Citizen) dan G2G (Government to Government).
-        3-D Printing
Dengan bertambah banyaknya kebutuhan global akan suatu barang, maka tingkat produksi harus dipercepat. 3-D printing adalah sebuah proses untuk menciptakan objek 3 dimensi dari berbagai media digital. Teknologi ini akan semakin banyak dimanfaatkan ke depannya terkait dengan manfaatnya dalam aspek desain produk yang lebih mudah, efisiensi biaya, penciptaan sebuah prototype produk yang leih mudah, dan waktu produksi yang lebih cepat.
-        Cloud Computing
Untuk mengakomodasi transaksi data yang terjadi pada setiap harinya, diperlukan sebuah teknologi yang dapat memudahkan dalam memproses transaksi dalam waktu yang cepat. Cloud computing dapat dimanfaatkan untuk menjalankan program di berbagai komputer dalam waktu yang bersamaan. Berbagai perusahaan besar seperti Google dan Apple terus berinovasi dalam menciptakan basis data layanan cloud yang cepat dan besar sehingga dapat memenuhi keperluan konsumer-nya.
-        Sumber : http://ricoariyanto.blogspot.co.id/2016/09/pengetian-manfaat-dan-contoh-dari.html
           


{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. tulisannya bagus, coba selanjutnya ditambahkan referensi atau sumbernya agar lebih lengkap ;)

    BalasHapus

Visitors

Labels

Music

- Copyright © 2013 Danu Satria -Metrominimalist- Powered by Danu Satria - Designed by Johanes Djogan -